Jumat, 22 April 2011

Every Day is Earth Day...

Yeah...22 April...Earth Day...


Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April di seluruh dunia...(^_^)

Dihari BUMI ini , tidak ada salahnya kita lebih santun, dan sayang kepada BUMI kita yang tercinta ini...Walaupun melalui hal-hal yang kecil disekeliling kita...

Inilah contohnya, dengan menerapkan konsep 3R...eh 4R ding...hehehe

Reduce / Mengurangi...Berarti kita mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan.
Mengurangi penggunaan kertas tissue dengan sapu tangan, kurangi penggunaan kertas di kantor dengan print preview sebelum mencetak agar tidak salah, baca koran online,mengurangi penggunaan plastik,mengurangi pemakaian energi yang berlebihan. Gunakan sepeda atau berjalan kaki jika ingin ke pasar, atau sekedar belanja ke toko didekat rumah karena jelas lebih sehat ketimbang harus duduk diam di atas kendaraan...Jangan sedikit-sedikit pake motor atau mobil hanya untuk menjangkau tempat-tempat yang relatif dekat..

Reuse / Memakai Kembali...Berarti menggunakan kembali barang-barang yang masih layak pakai. Kalaupun masih layak tapi tak ingin menggunakannya, tak perlu membuangnya.. Berikan pada orang lain.
Seperti memberikan baju-baju yang ga kepakai ke orang lain. Contohnya ke anak yatim, atau paling dekat adalah memberikan baju yang kekecilan pada adik atau saudara, selain itu baju-baju bayi yang hanya beberapa bulan dipakai masih bagus dan bisa diberikan pada saudara yang membutuhkan.

Recycle / Mendaur Ulang. Contohnya adalah mendaur ulang sampah organik di rumah, menggunakan bekas botol plastik air minum atau apapun sebagai pot tanaman, sampai mendaur ulang kertas bekas untuk menjadi kertas kembali. Atau paling ga mengumpulkan botol bekas buat pemulung..Membedakan antara sampah organik dan non-organik. Walau diIndonesia masih jarang ya..hehehe..

Repair / Perbaikan..Yaitu usaha perbaikan demi lingkungan. Contoh memperbaiki barang-barang yang rusak agar bisa kita gunakan kembali seperti sepatu jebol yang kita perbaiki karena dengan begitu kita tidak perlu membeli sepatu baru. Hal lain yang lebih besar adalah reboisasi atau perbaikan lahan kritis karena dengan ini kita bisa memiliki daerah resapan yang lebih besar dan menahan limpahan air yang bisa menyebabkan longsor. Penanaman bakau juga merupakan perbaikan lingkungan. Vulkanisir ban juga repair sehingga dapat kita reuse..Klo poin yang niy dapat dari link dibawah..hehehehe

Ga perlu nunggu Earth Day buat melaksakannya..
Coz EveryDay is Earth Day...

0 comments:

Posting Komentar